5 tips agar lansia tetap aktif

5 tips agar lansia tetap aktif

5 Tips agar lansia tetap aktif

Tubuh yang sehat dan tetap aktif di usia emas adalah idaman semua orang.  Lalu bagaimana lansia bisa tetap aktif agar bisa menjaga kesehatannya di usia emas dan tetap berkegiatan? Berikut 5 tips agar lansia tetap dapat beraktivitas dengan baik dan bersamaan menjaga kesehatannya.

Berikut 5 tips yang dapat di terapkan agar lansia tetap aktif

  1. Tidur yang cukup

Pola tidur yang seimbang akan membuat anda merasa lebih fresh di keesokan harinya. Istirahat yang cukup setidaknya memerlukan waktu 7-8 jam sehari. Jika mengalami gejala susah tidur, sebaiknya menghindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi di waktu sore maupun malam hari. Lakukan banyak kegiatan di siang hari sehingga merasa cukup lelah untuk segera beristirahat di malam hari.  Anda juga dapat mandi menggunakan air hangat untuk mendapatkan tubuh lebih rileks dan hindari banyak memikirkan hal-hal yang tidak perlu menjelang tidur malam.

  • Pola makan yang sehat

Pilihlah makanan yang sehat yang bisa dikonsumsi. Ganti asupan lemak jenuh dengan jenis lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun dan lainnya. Hindari asupan makanan yang tidak menyehatkan seperti “gorengan”, Junk food,yang dapat menambah masalah pada tubuh anda.

  • Perbanyak minum air putih

8 gelas sehari adalah minimum jumlah air putih yang harus anda konsumsi atau setara dengan 1,5 liter air. Banyak mengkonsumsi air putih sangat penting selain menghindari dehidrasi juga dapat menjaga cairan tubuh agar tetap seimbang dan menjaga ginjal tetap sehat.

  • Olah raga

Pilihlah olah raga yang sesuai dengan kemampuan anda. Jangan terlalu memaksakan diri untuk kegiatan yang satu ini. Rutin berjalan kaki di waktu pagi cukup untuk anda tetap menjaga gerak tubuh dan keseimbangan anda.  Dengan berolah raga secara teratur akan membuat anda lebih fresh dan menambah aktifitas setiap harinya.

  • Menjaga Berat Badan

Memiliki tubuh yang ideal dipengaruhi oleh pola makan dan aktivitas fisik yang anda lakukan. Menjaga berat badan dapat membuat anda lebih mudah beraktivitas karena tidak akan mudah kelelahan dalam beraktivitas sehari-hari. Agar tetap aktif di usia senja anda harus banyak berkegiatan. Dengan banyak berkegiatan dan mengatur pola makan, anda dapat menjaga berat badan agar tetap ideal.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan agar bisa tetap aktif di usia emas.

RUKUN Senior Living
Kawasan Darmawan Park
Jl. Babakan Madang No. 99
Sentul Selatan – Bogor 16810
telp. 021 8795 1525
facebook : RUKUNSeniorliving
Instagram : @rukunseniorlivingindonesia

5 tips agar lansia tetap aktif
Open chat