Demensia dan Alzheimer, apa bedanya?

demensia dan alzeimer

Demensia dan Alzeimer, apa bedanya?

Belakangan ini istilah demensia dan Alzheimer makin sering kita dengar. Namun, belum banyak masyarakat umum yang mengetahui apa yang dimaksud dengan demensia, dan bedanya dengan Alzheimer. Untuk itu pertama perlu kita memahami lebih dekat demensia.

Demensia itu apa?

Demensia merupakan kumpulan gejala yang disebabkan oleh gangguan yang mempengaruhi kinerja otak, tetapi demensia itu bukan merupakan, atau diakibatkan oleh, satu penyakit tertentu. Demensia dapat diakibatkan antara lain oleh beberapa kondisi/penyakit seperti Alzheimer, Lewy Body, Stroke, Parkinsons, malnutrisi, masalah hormon, depresi, bentrokan obat, infeksi dan tumor otak.

Kondisi demensia dapat ditandai dengan keadaan di mana seseorang mulai sering lupa akan sesuatu, membuat kekeliruan pada hal yang mudah, mengalami perubahan kepribadian, dan suasana emosi yang labil. Demensia mempengaruhi perilaku, pikiran dan kemampuan sehari-hari seseorang. Hal ini menyebabkan terpengaruhnya kehidupan sosial sesorang yang menderita demensia.

Kebanyakan orang yang terkena demensia memang telah memasuki usia lanjut. Tetapi perlu dipahami bahwa orang lanjut usia tidak tentu akan terkena demensia karena itu bukan bagian normal dari proses penuaan. Demensia dapat terjadi pada siapa saja tanpa pandang usia.

Alzheimer itu apa?

Demensia dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan. Penyebab demensia paling utama adalah penyakit Alzheimer, yang mewakili 50-75% dari semua kasus demensia. Alzheimer adalah sebuah penyakit yang menyerang otak secara langsung dengan timbulnya endapan protein yang abnormal di seluruh otak, sehingga neuron yang sehat mulai berhenti berfungsi, kehilangan koneksi dengan neuron lain, kemudian mati.

Pelayanan bagi Penderita Demensia dan Alzheimer

RUKUN Senior Care melayani warga yang memerlukan dukungan akibat demensia dan Alzheimer, maupun penurunan kondisi fisik lainnya. Pelayanan kami lebih daripada dukungan semata. Dengan filosofi kesejahteraan secara menyeluruh, suasana yang akrab dan pernuh interaksi, sarana Senior Care memberikan kenyamanan hidup bagi warga yang memerlukan perhatian lebih dalam kehidupan sehari-hari.

Staff Activity siap sedia dengan aneka kegiatan setiap hari untuk mengoptimalkan kwalitas hidup setiap warga. Caregiver yang ramah dan terlatih selalu berada di tempat 24-jam untuk meyediakan pelayanan, dari bantuan berbusana, mandi, perawatan tubuh, makan, pengaturan obat-obatan, dan bantuan mobilitas.

RUKUN Senior Care
Email: info@rukunseniorliving.com
Phone: 021 8795 1525
facebook@RUKUNSeniorCare

Demensia dan Alzheimer, apa bedanya?

2 thoughts on “Demensia dan Alzheimer, apa bedanya?

Comments are closed.