Seputar Kegiatan Lansia – Bermain Puzzle

jigsaw puzzle rukun

Seputar Kegiatan Senior – Bermain Puzzle

Kegiatan lansia bermain puzzle bermanfaat bagi fungsi otak
Bermain puzzle bermanfaat bagi fungsi otak lansia

Seputar Kegiatan Senior – Bermain Puzzle

Anda mungkin sudah mengenal permainan puzzle, sebuah permainan dengan tujuan menyusun keping-keping yang terpotong dari sebuah gambar agar kembali menjadi bentuk gambar semula. Permainan yang lengkapnya disebut Jigsaw Puzzle ini banyak digemari, baik oleh anak-anak maupun segala usia hingga warga senior. Terdapat banyak variasi puzzle berdasarkan ukuran, jumlah keping, dan tentu gambarnya.


Manfaat Bermain Puzzle

Selain menyenangkan ternyata bermain puzzle juga mempunyai beberapa manfaat:

  • Mempertajam daya ingat – Permainan ini mengharuskan seseorang untuk mencari keping-keping berikutnya untuk melengkapi sebuah gambar yang lebih besar. Maka fungsi daya ingat otak (memori) akan terlatih karena perlu mengingat gambar yang tengah disusun.
  • Mengasah daya pikir dan konsentrasi – Selain daya ingat, otak juga tertantang untuk berpikir dan memegang konsentrasi karena perlu menjembatani antara bagian puzzle yang telah disusun dan keping yang tengah dicari selanjutnya. Jadi otak memproses apa yang dilihat oleh mata dan menterjemahkan dan memproses informasi ini agar bisa menemukan keping yang tepat dalam bermain puzzle.  
  • Meningkatan kemampuan memecahkan masalah – Terkait dengan pelatihan terhadap daya ingat dan daya pikir, integrasi pada pendayagunaan fungsi otak ini berujung pada peningkatan kemampuan memecahkan masalah, baik dari segi penggunaan nalar, sistematika berpikir, maupun kesabaran.
  • Memperkuat fungsi visuo-spasial pada otak – Salah satu fungsi otak adalah untuk memahami bentuk, jarak dan ruang atau demensi yang kita lihat. Sehari-hari fungsi ini yang berperan misalnya saat akan menuang air ke dalam gelas. Karena bermain puzzle ini tergantung pada kemampuan memahami bentuk dan warna, maka fungsi visuo spasial otak kitapun akan terlatih saat bermain puzzle.
  • Menenangkan suasana hati dan mengurangi stress – Umumnya penggemar puzzle mengalami pengurangan stress serupa meditasi di mana bisa melupakan semua masalah lain saat berfokus pada puzzlenya. Penting untuk mengerjakan puzzle yang sesuai dengan kemampuan dan kesukaan kita, baik dari tingkat kesulitannya maupun lamanya waktu yang kita alokasikan untuk bermain puzzle. Dengan memberikan cukup waktu untuk menyelesaikan sebuah puzzle tanpa tergesa-gesa, kita akan mendapatkan rasa relaksasi dan mood yang positif.
  • Meningkatkan ketelitian – Karena puzzle terdiri dari keping-keping dengan gambar yang kecil yang mungkin memiliki warna atau bentuk yang serupa, maka kemampuan kita dalam mengerjakan sesuatu dengan ketelitian juga akan terlatih dengan sendirinya.

Tips Bermain Puzzle

Bagi Anda yang hobi mengerjakan puzzle, mungkin sudah memiliki teknik atau metode pengerjaannya sendiri. Namun bagi anda yang masih pemain awal, berikut ini beberapa tips umum terkait permainan puzzle:

Mulai dengan mengumpulkan keping tepi

Karena umumnya sebuah puzzle keseluruhannya berbentuk kotak atau persegi panjang, maka akan memiliki tepi yang lurus. Dengan mencari dan mengumpulkan keping-keping dengan bagian yang lurus, kita akan bisa memulai permainan puzzle dengan lebih mudah.

Rangkai keping-keping tepi menjadi bingkai

Fokus penyusunan terlebih dahulu pada keping-keping tepi sehingga terbentuk sebuah bingkai. Baru lanjutkan pengerjaan bagian dalam bingkai puzzle tersebut.

Kumpulkan keping-keping dengan warna atau pola serupa

Karena puzzle adalah sebuah gambar, maka pengerjaannya mengikuti bagian gambar yang sedang disusun. Misalnya, jika puzzlenya adalah gambar sebuah vas bunga warna-warni dan kita tengah mengerjakan bagian sebuah bunga warna merah, maka akan bermanfaat untuk mengumpulkan keping-keping warna merah.

Kumpulkan keping-keping dengan bentuk yang serupa

Seringkali hanya ada beberapa bentuk potongan keping pada sebuah puzzle. Maka kita juga bisa mengumpulkan keping berdasarkan bentuk, dengan mengumpulkan keping-keping dengan bentuk yang serupa. Ini akan memudahkan saat perlu mencoba-coba sebuah keping berdasarkan bentuk pada bagian gambar yang perlu disambung.

HAVE FUN!

Tips yang paling penting terkait bermain puzzle adalah untuk menikmatinya!


Selain jenis puzzle yang kita kenali dalam bentuk fisik dari bahan karton, sekarang telah tersedia puzzle yang bisa dimainkan secara online. Jika Anda memiliki komputer dengan koneksi internet, maka dapat juga menikmati banyak ragam dan pilihan puzzle yang bisa dimainkan langsung di komputer Anda.

Salah satu penyedia puzzle online yang kami sukai adalah TheJigsawPuzzles.com. Website ini menyediakan banyak pilihan puzzle yang bisa dimainkan dengan beberapa fitur yang mudah sehingga memberikan pengalaman bermain puzzle yang menyenangkan.

Selamat menikmati permainan puzzle Anda!


Seputar Kegiatan Lansia – Bermain Puzzle
Open chat