Seputar Kegiatan Lansia – Coloring (Mewarnai)

Seputar Kegiatan Senior – Coloring (Mewarnai)

Kegiatan mewarnai bermanfaat bagi kesejahteraan mental lansia
Kegiatan mewarnai bermanfaat bagi kesejahteraan mental lansia

Warga senior tentu memiliki banyak pilihan dalam mengembangkan hobi dan minatnya. Dari yang sifatnya teknis, misalnya berkecimpung dengan peralatan elektronik, hingga hobi yang kreatif terkait seni dan karya. Salah satu hobi yang digemari warga senior adalah kegiatan mewarnai.

Kegiatan mewarnai umumnya dilakukan dengan sebuah kertas yang sudah tercetak sebuah gambar atau pola (coloring sheet) yang bisa kita warnai dengan pensil berwarna atau alat tulis lainnya. Meskipun mungkin banyak yang merasa bahwa kegiatan mewarnai hanya pantas untuk anak-anak, sebetulnya kegiatan ini memiliki beberapa manfaat bagi orang dewasa dan senior.


Manfaat Kegiatan Mewarnai

  • Memberi ketenangan meditasi pada otak – Beberapa riset telah menemukan bahwa otak seseorang yang tengah melakukan kegiatan mewarnai mengalami pengurangan stress serupa meditasi. Ketika bermeditasi, otak kita memasuki kondisi rileks dengan berfokus hanya pada momen itu. Kondisi ini menghalangi pemikiran tanpa henti yang sering kita alami. Hasilnya, kita bisa merasakan keadaan tenang yang meredakan otak dari tekanan kehidupan sehari-hari.
  • Penurunan stres dan kecemasan – Sebuah studi oleh fakultas Psikologi di Knox College, AS menemukan bahwa kegiatan mewarnai menurunkan tingkat stress pada orang yang tengah mengalami tekanan dan kondisi cemas. Kegiatan mewarnai mengharuskan kita melakukan secara berulang suatu hal yang memerlukan ketelitian. Maka otak kita akan teralihkan dari kecemasan pada fokus kegiatannya.
  • Melatih kreatifitas – Saat mengerjakan proyek mewarnai, otak dan hati kita dapat melampiaskan kreatifitas dalam memilih warna yang akan digunakan, dan metode pewarnaan yang dilakukan. Setiap kreasi mewarnai adalah kesempatan untuk mengekspresikan jiwa seni kita.
  • Meningkatkan kemampuan motorik halus Memegang dan menggerakkan pensil warna sedemikian rupa agar bisa mengisi bidang-bidang gambar dengan rapi mengharuskan pengendalian motorik halus pada tangan kita. Maka kegiatan mewarnai dengan sendirinya melatih kemampuan ini yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
  • Meningkatkan ketelitian – Tentunya ketelitian diperlukan agar pekerjaan mewarnai bisa dilakukan dengan rapi. Maka, kemampuan ini juga akan terlatih dengan sendirinya.

Metode Dasar Mewarnai

Seniman yang berpengalaman mempunyai banyak sekali metode yang digunakan untuk mengatur tekstur dan warna pada saat mengerjakan sebuah kreasi pensil warna. Berikut ini lima metode dasar yang umum diaplikasikan:

Back and forth stroke adalah cara yang paling sederhana dan umum dilakukan saat mewarnai dengan pensil. Ini adalah cara yang mungkin diajarkan saat kita kecil di mana ujung pensil pada permukaan kertas digerakkan bolak-balik dalam satu gerakkan yang menyambung (tanpa mengangkat pensil dari kertasnya). Ketebalan warna bisa diatur dengan mengatur tekanan saat bergerak, lebih keras, lebih tebal warnanya. Ini adalah metode paling cocok untuk mengisi warna agar tampil rata/solid.

Teknik mewarnai Back and Forth Stroke
Back and Forth Stroke

Scumbling adalah satu metode sederhana yang mungkin kita gunakan juga waktu kecil, di mana warna dibubuhkan dengan cara gerakan melingkar yang berkesinambungan menyambung (tanpa mengangkat pensil dari kertasnya). Ketebalan warna bisa diatur dengan mengatur tekanan saat bergerak, lebih keras, lebih tebal warnanya. Ini juga sebuah metode yang cocok untuk mengisi warna agar tampil rata/solid.  

Teknik mewarnai Scrumbling
Scrumbling

Stippling adalah teknik di mana warna pensil dibubuhkan dalam bentuk titik-titik pada kertas. Ketebalan warna bisa diatur dengan mengatur jarak antar titik; lebih berdekatan titiknya, lebih tebal tampilan warnanya. Selain jarak antar titik, tampilan warna akan berbeda juga jika pensil yang digunakan tajam atau tumpul.

Teknik mewarnai Strippling
Strippling

Hatching adalah teknik di mana warna pensil dibubuhkan dalam bentuk garis-garis. Setiap garis digambarkan satu per satu dengan arah yang sama. Ketebalan warna bisa diatur dengan mengatur jarak antar garis; lebih berdekatan garisnya, lebih tebal tampilan warnanya.  

Teknik mewarnai Hatching
Hatching

Cross-Hatching adalah teknik di mana warna pensil dibubuhkan dalam bentuk garis-garis paralel kemudian ditimpa dengan garis-garis paralel dengan sudut arah (angle) yang berbeda. Metode ini berguna jika ingin memberi kesan bayangan atau tekstur pada gambar.

Teknik mewarnai Cross-Hatching
Cross-Hatching

Coloring Sheets (Kertas Gambar)

Banyak pilihan pola coloring sheets yang tersedia
Ragam coloring sheets

Tentunya buku koleksi coloring sheets banyak tersedia di pasaran. Namun, di Internet tersedia pilihan dengan jenis pola dan gambar yang tidak terhingga jumlahnya. Sebagai titik awal, silahkan klik dan unduh beberapa koleksi coloring sheet di: Activity Corner website RUKUN Senior Living.

Selamat menikmati kegiatan mewarnai Anda!


Seputar Kegiatan Lansia – Coloring (Mewarnai)
Open chat