Kiat Agar Warga Lanjut Usia Tetap Aktif dan Produktif
July 25, 2018
Tips Komunikasi Dengan Warga Demensia
August 3, 2018

Pentingnya Interaksi Sosial Bagi Warga Dengan Demensia

Berinteraksi atau melayani warga senior dengan kondisi Demensia seperti Alzheimer’s tidak selalu mudah. Maka, dapat dimengerti jika warga dengan Demensia sering diasingkan oleh orang-orang sekitarnya. Namun sebetulnya interaksi sosial justru mempermudah proses melayani warga dengan Demensia. Sebuah studi riset oleh Universitas Kedokteran Exeter di Inggris telah menyimpulkan bahwa hanya dengan minimal satu jam seminggu, interaksi sosial dapat meningkatkan kualitas hidup warga dengan Demensia. Untuk itu pentingnya interaksi sosial bagi warga dengan demensia.

Studi yang melibatkan lebih dari 800 warga senior dengan demensia di 69 sarana hunian senior di Inggris menemukan bahwa meningkatkan jumlah waktu berkomunikasi dengan warga dapat meningkatkan kesejahteraan warga senior ketika dikombinasikan dengan layanan perawatan yang sesuai kebutuhannya. Selain meningkatkan kualitas hidup, waktu sosialisasi juga mengurangi tingkat keresahan dan perilaku agresif warga.

Pelaku studi ini, Profesor Clive Ballard, menyatakan, “Meskipun banyak penyedia jasa pelayanan senior yang sangat baik, standarnya masih sangat bervariasi. Kami sebelumnya telah menemukan bahwa jumlah rata-rata interaksi sosial untuk orang dengan demensia hanya dua menit per hari. Maka, tidaklah mengherankan jika hal itu memiliki efek langsung pada kualitas hidup dan keresahan warga dengan Demensia.”

Studi ini didanai oleh National Institute of Health Research dan berlangsung antara Januari 2013 dan September 2015. Warga dengan Demensia diseleksi secara acak untuk ikut serta dalam studi ini selama sembilan bulan atau melanjutkan dengan kehidupan sehari-hari mereka yang biasa. Pada akhir periode semua peserta dinilai berdasarkan kwalitas hidup, insiden keresahan, dan gejala lainnya.

Dua staf perawatan di setiap hunian senior ditunjuk untuk melakukan tugas-tugas sederhana seperti berbicara dengan warga tentang kesukaan mereka dan hal-hal terkait perawatan mereka. Analisa data yang dihasilkan menunjukkan peningkatan yang signifikan secara statistik pada warga yang termasuk dalam program ini, bila dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalaminya. Manfaat paling besar ditemukan pada warga dengan tingkat Demensia yang lebih tinggi. Penelitian yang dipimpin oleh Universitas Exeter, King’s College London dan Yayasan Kesehatan Oxford NHS ini diakui sebagai studi terbesar yang valid dalam mengukur kesejaheraan warga dengan Demensia yang tinggal di hunian senior.

Dr. Jane Fossey dari Yayasan Kesehatan Oxford NHS menjelaskan bahwa pendekatan yang berfokus pada kebutuhan individu mewajibkan pengenalan setiap warga sebagai individu, keinginan dan preferensi mereka masing-masing, dan mencerminkan hal ini dalam semua aspek pelayanan perawatan mereka. Ini dapat meningkatkan kwalitas hidup warga itu sendiri dan juga bermanfaat bagi staf yang memberi pelayanan juga.

Menurut Alzheimer’s Society di Inggris ada sekitar 850.000 orang dengan Demensia yang menjadi salah satu tantangan kesehatan terbesar yang dihadapi negara itu, dengan angka yang diperkirakan akan meningkat menjadi lebih dari 1 juta pada 2025 dan mencapai 2 juta pada 2051.

Doug Brown, Direktur Riset di Alzheimer’s Society, mengatakan: “Studi ini menunjukkan bahwa pelatihan staf dalam memberikan perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan individu, kegiatan dan interaksi sosial dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan warga dengan Demensia di sarana hunian senior.”

Sebagai sarana hunian bagi senior, RUKUN Senior Care menyajikan pelayanan Dementia Support dan Nursing Care yang difokuskan pada empat demensi kesejahteraan warga: fisik, mental, sosial, dan spiritual. Dengan suasana yang akrab dan penuh interaksi, RUKUN Senior Care memberikan kenyamanan hidup bagi warga yang memerlukan perhatian lebih dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

References:

https://www.theguardian.com/society/2018/feb/07/social-interaction-dementia-patients

Image Source :

https://www.healthhub.sg/live-healthy/498/warningsignsof_dementia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *