senam jantung sehat

manfaat senam jantung sehat

Manfaat Senam Jantung Sehat untuk Senior

Jantung merupakan organ yang sangat vital bagi semua orang. Merupakan organ tubuh yang terdiri dari kumpulan otot yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Memiliki jantung sehat adalah impian setiap Senior bahkan setiap orang. Salah satu hal yang dapat menjaga kesehatan jantung adalah dengan rutin dan teratur malakukan senam jantung sehat. Manfaat senam jantung sehat Senior dapat terhindar dari penyakit koroner, strouke dan penyakit berbahaya lainnya. Selain itu anda dapat beraktifitas lebih produktif lagi.

infographic manfaat senam jantung sehat background berwarna kuning

Tentu saja seseorang harus menjaga kesehatan organ ini terlebih bila sudah memasuki usia senior. Menurunnya kemampuan dan kesehatan di usia senior adalah hal yang lumrah di alami setiap orang. Akan tetapi, bukan berarti hal tersebut tidak dapat ditunda atau di perlambat. Tentu ada beberapa hal yang dapat di lakukan bagi senior yang masih aktif, seperti salah satunya senam jantung sehat.

Gerakan senam jantung sehat dibuat di buat khusus dengan tujuan menjaga kesehatan jantung supaya dapat memenuhi oksigen yang maksimal di dalam tubuh. Jika sudah mengetahuinya, gerakan senam jantung sehat ini dapat dilakukan sendiri di rumah paling tidak  sebanyak 3 kali seminggu dengan durasi 30 menit agar dapat merasakan manfaatnya.

Beberapa manfaat senam jantung sehat diantaranya :

Source image : https://www.liputan6.com/health/read/3124953/raba-nadi-sendiri-cara-mudah-deteksi-kelainan-irama-jantung

Memperbaiki denyut nadi
Manfaat senam jantung sehat bagi senior yang pertama adalah memperbaiki denyut nadi. Denyut nadi merupakan salah satu komponen yang amat penting untuk menunjukan kesehatan jantung. Dengan melakukan senam jantung bertujuan untuk memperbaiki denyut nadi ini sehingga kesehatan jantung lebih terjaga.

Image Source : https://hellosehat.com/wp-content/uploads/2018/11/shutterstock_632646416.jpg

Melancarkan aliran darah
Berkurangnya kemampuan fisik para senior, melancarkan aliran darah sangat penting demi menjaga kesehatan jantung karena dapat mencegah penyakit jantung, strouke dan beberapa penyakit lainnya. Dengan lancarnya aliran darah, juga dapat membantu penyumbatan pembuluh darah karena timbunan lemak dan kolesterol yang tentu saja harus di atur dengan memperhatikan pola makan.

Image Source : https://integrasi.science/wp-content/uploads/2017/11/sistem-pencernaan-manusia.jpg

Memperbaiki metabolisme Tubuh
Dengan memiliki kondisi tubuh yang bugar, metabolisme tubuh juga akan membaik. Untuk seseorang yang ingin mencegah serangan jantung sejak dini, sebaiknya dapat melakukan olahraga ini secara rutin dan teratur. Akan tetapi perlu juga untuk tetap menjaga dan memperhatikan kondisi fisik masing-masing senior yang sudah pasti berbeda dan bisa menyesuaikan berdasarkan kemampuannya.

Senam Jantung Sehat di RUKUN Senior Living


RUKUN Senior Living kembali akan menyelenggarakan senam jantung sehat secara gratis dan terbuka untuk umum. Senam jantung sehat ini akan di adakan di lapangan RUKUN Senior Living yang beralamat di Kawasan Darmawan Park, Jl. Babakan Madang No. 99, Sentul Selatan – Bogor. Diadakan pada tanggal 27 Januari 2020 mulai pukul 9 pagi ini berharap dapat menjaga warga masyarakat dapat lebih peduli terhadap kesehatannya.

flyer senam jantung sehat

RUKUN Senior Living
Kawasan Darmawan Park
Jl. Babakan Madang No. 99
Sentul Selatan – Bogor 16810
telp. 021 8795 1525
facebook : RUKUNSeniorliving
Instagram : @rukunseniorlivingindonesia

senam jantung sehat
Open chat