Tips senior sehat sepanjang tahun

Senior Sehat, Senior aktif – Tips senior sehat sepanjang tahun

senior sehat dengan latar belakang bunga sedang memegang kamera

Senior sehat – Banyak yang mengatakan bahwa usia hanyalah sebuah angka. Berapapun usia anda, penting untuk tetap merawat tubuh anda dan mencegah penyakit. Tetapi jika usia anda sudah memasuki usia senior serta tetap ingin sehat dan aktif, baiknya anda lebih menjaga kesehatan diri anda. Karena itu penting untuk memperkuat kekebalan diri agar penyakit dan mencegah kemungkinan datangnya penyakit.

Berikut beberapa tips yang mungkin berguna untuk Anda demi mencegah datangnya penyakit.

  • Tetap Aktif

Banyak melakukan aktivitas fisik dapat mendorong system kekebalan tubuh anda. Semakin anda Aktif dan banyak bergerak, semakin banyak pula tubuh anda mampu melawan infeksi maupun peradangan. Banyak aktifitas yang dapat anda lakukan dan itu tidak harus aktifitas yang berat. Anda dapat mimilih aktifitas yang disesuaikan dengan kemampuan anda seperti rutin jalan di pagi hari, bersepeda, berenang, senam dan apapun itu. Cukup dengan melakukan olah raga dengan intensitas sedang dan rutin selama 20-30 menit sehari

  • Konsumsi Suplemen Secukupnya

Bertambah usia mungkin menyebabkan anda membutuhkan suplement tambahan untuk mencukupi kebutuhan tubuh anda yang sudah tidak mampu memproduksinya. Hal ini di perlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda. Sebelum mengkonsumsi suplement baiknya anda mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Selalu tanyakan mana saja suplement yang aman untuk anda konsumsi. Beberapa suplement yang cukup di rekomendasikan antara lain kalsium, Vitamin D, Vitamin B16 ataupun Vitamin B12.

  • Mengkonsumsi Makanan Sehat

Tidak bisa dipungkiri metabolisme tubuh di usia senior tidak sebaik waktu dahulu. Mengatur pola makan dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayuran.  Memilih daging yang rendah lemak juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh anda dan melindunginya dari virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Buah dan sayuran merupakan antioksidan yang baik serta dapat melindungi sel tubuh anda dari kerusakan. Membatasi makanan yang mengandung gula dan lemak juga dapat menurunkan resiko datangnya penyakit tertentu.

  • Rajin Mencuci tangan

Mencuci tangan secara teratur cara terbaik untuk tetap sehat. Virus dan bakteri yang mungkin secara tidak sengaja tersentuh oleh anda dan mencemari kebersihan tangan dan anggota tubuh lainnya ketika anda menyentuhnya. Rajin mencuci tangan dengan air hangat dan sabun setidaknya 20 detik dalam satu sesi.  Hindari menyentuh hidung, wajah dan mulut ketika anda merasa mendapati tempat-tempat yang mungkin banyak terdapat virus dan bakteri. Penggunaan antiseptic juga dapat anda siapkan ketika anda berada dalam perjalanan untuk tetap menjaga kebersihan.

  • Mempelajari cara mengelola stress

Hormon stres Koristol dapat meningkat ketika anda mengalami stress kronis. Tentu saja hormon koristol memiliki banyak manfaat, akan tetapi, sisi negatifnya adalah bahwa hormon ini dapat memicu kenaikan berat badan. Karena untuk tetap sehat dan aktif anda sebaiknya memiliki ukuran tubuh yang proporsiaonal. Mengurangi stress dapat dilakukan dengan padatnya aktifitas fisik, tidur yang lelap, serta menetapkan harapan yang masuk akal untuk diri sendiri.

  • Istirahat Yang Cukup
image source : https://seniorsathome.jfcs.org/

Tidur tidak hanya dapat mengurangi stress, tetapi dengan tidur merupakan cara tubuh untuk memperbaiki diri sendiri. Selain itu tidur juga dapat meningkatkan daya ingat dan tingkat konsentrasi. Usahakan untuk dapat tidur malam sekitar 7 hingga 9 jam setiap malamnya. Jika anda seseorang yang mengalami kesulitan untuk tidur atau insomnia, Anda dapat mengkonsultasikan dengan dokter untuk mencari tahu penyebabnya, termasuk jika anda aktif di siang hari dan banyak mengkonsumsi kafein.

  • Hindari Kontak Langsung Dengan Seseorang Yang Sedang Sakit

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah menghindari kontak langsung dengan seseorang yatng sedang sakit, terutama disaat kondisi anda tidak sepenuhnya fit. Hal tersebut akan memudahkan anda terserang berbagai kemungkinan penyakit. Jika Anda terpaksa harus melakukannya, ada dapat menggunakan masker dan segera mencuci tangan untuk pencegahan,

Sistem kekebalan akan yang baik akan membuat anda lebih sehat dan tidak rentan terserang penyakit.


RUKUN Senior Living
Kawasan Darmawan Park
Jl. Babakan Madang No. 99
Sentul Selatan – Bogor 16810
telp. 021 8795 1525
facebook : RUKUNSeniorliving
Instagram : @rukunseniorlivingindonesia

Tips senior sehat sepanjang tahun
Open chat