Meningkatkan Daya Ingat Senior/Lansia : 6 tips untuk meningkatkan daya ingat

Meningkatkan Daya Ingat Senior : 6 tips untuk meningkatkan daya ingat

Anda seorang Senior/lansia? Ingin mengetahui apakah mungkin untuk meningkatkan daya ingat senior? Sebenarnya cukup banyak cara efektif untuk meningkatkan daya ingat senior tanpa menghabiskan banyak biaya. Adalah hal yang wajar untuk mengkhawatirkan penurunan daya ingat dalam kehidupan seseorang. Tapi tips berikut tidak  berlaku terkait dengan penyakit Alzhaimer dan bentuk lain dari demensia yang tentunya membutuhkan perawatan secara khusus.

meningkatkan daya ingat senior

Bagaimanapun juga menurunya daya ingat dapat membuat seseorang kehilangan sebagian dari dirinya. Dengan memiliki ingatan yang baik, tentu dapat membantu Anda menyelesaikan hal-hal dasar dalam kehidupan sehari-hari. Jadi sangat penting menjaga otak Anda agar tetap sehat dan bugar. Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat Anda

6 tips meningkatkan daya ingat senior

senior sedang chek kesehatan bersama dokter dan perawat

Rutin mengecek kesehatan
Beberapa kondisi medis dapat menyebabkan pada kehilangan atau penurunan daya ingat. Dengan mengetahui gejala-gejalanya, Anda dapat mencegahnya sejak dini dan mencari cara yang tepat untuk mengatasinya.

senior terus tantang diri berkegiatan memasak bersama chef

Terus tantang diri Anda
Melatih daya ingat, Anda harus melakukan lebih dari yang Anda kuasa iselama ini. Terus belajar hal-hal baru, akan semakin menantang otak anda, dan semakin berpotensi untuk mengasah kemampuan otak Anda untuk terus berfikir. Beberapa hal baru yang dapat anda lakukan adalah seperti belajar bahasa yang baru, mencoba mempelajari alat-alat musik, memasak dan mencoba resep-resep masakan, dan banyak hal lainnya.

senior sedang memperbaiki pola tidur

Memperbaiki pola tidur
Jika anda sering merasa kesulitan mengingat hal-hal kecil, mungkin terjadi karena buruknya kwalitas tidur Anda. Sekarang saatnya Anda mulai merubah kebaiasaan anda untuk memperbaikinya. Menghindarkan diri dari penggunaan gadget sebelum tidur atau Anda juga dapat melakukan lebih banyak kesibukan di siang hari sehingga membuat merasa harus lebih cepat untuk tidur malam.

mengubah pola pirkir dua orang senior sedang berkomunikasi di sebuah area terbuka hijau

Ubah pola fikir Anda mengenai usia
Apa yang Anda fikirkan ketika bertambahnya usia? Mungkin alam bawah sadar Anda akan memaklumi dan membiarkan untuk ketinggalan zaman, Merasa akan meninggalkan atau ditinggalkan orang disekitar Anda? Hal tersebut dapat berkontribusi untuk menurunkan daya ingat, karena Anda sendirilah yang memaklumi hal itu. Selalu yakinkan diri Anda setiap hari bahwa Anda manusia yang produktif dan ingin berkembang dengan terus berfikir tentang hal-hal yang baru. Hindari berfikir mengenai sisa usia anda dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

sekelompok senior sedang bersosialisasi dan bersengang-senang barbeque

Bersosialisasi dan Bersenang-senang
Meluangkan waktu mengunjungi keluarga dan kerabat penting untuk Anda lakukan. Berkomunikasi dan bercerita mengenai hal detail di masa lalu akan memaksa otak Anda untuk berfikir dan mengingat. Kegiatan bersosialisasi dan bersenang senang dapat Anda lakukan seperti menari bersama sekedar menyalurkan hobi, atau melakukan tour perjalanan bersama teman akan membuat fikiran lebih rilex.

senior sedang di pinggir kolam renang di tempat yang hening

Biarkan Hening sejenak
Menengangkan diri dan fikirkan untuk bermeditasi, mengosongkan fikiran selama 30 menit setiap hari dapat membuat Anda lebih rilex. Biarkan fikiran Anda sejenak untuk beristirahat, dan isi kembali diri anda dengan semangat yang baru agar dapat lebih antusias terhadap hal-hal yang akan Anda jalani.

Enam hal simple tersebut tentu dapat Anda lakukan untuk meningkankan kinerja berfikir dan daya ingat anda. Dan tentu saja masih banyak cara lain yang dapat anda lakukan untuk menjaga agar otak tetap bugar.


RUKUN Senior Living
Kawasan Darmawan Park
Jl. Babakan Madang No. 99
Sentul Selatan – Bogor 16810
telp. 021 8795 1525
facebook : RUKUNSeniorliving
Instagram : @rukunseniorlivingindonesia

Meningkatkan Daya Ingat Senior/Lansia : 6 tips untuk meningkatkan daya ingat

One thought on “Meningkatkan Daya Ingat Senior/Lansia : 6 tips untuk meningkatkan daya ingat

Comments are closed.

Open chat