Pilihan makanan sehat untuk Senior

aneka makanan sehat yang terdapat buah dan sayuran

Pilihan makanan sehat untuk Senior

Pemilihan makanan yang sehat untuk senior akan bergantung pada kesehatannya. Untuk itu, kita harus memilih makanan yang seimbang dengan memperhatikan kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan tersebut, seperti :

  1. Makanan kaya karbohidrat seperti ubi dan beras merah.
  2. Makanan kaya protein seperti salmon dan kacang-kacangan.
  3. Buah dan sayuran (lima porsi sehari).
makanan sehat untuk senior dengan aneka sayuran di piring

Selain itu, dapat memilih makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi berikut:

Makanan sehat untuk senior Makanan Tinggi Asam Lemak Omega-3

Asam lemak ini penting untuk orang-orang dari segala usia. Termasuk orang tua karena mereka membantu mencegah peradangan yang dapat menyebabkan kanker, rheumatoid, radang sendi, dan penyakit jantung.

Omega-3 dapat ditemukan pada ikan terutama ikan sarden, Tuna, Mackerel, dan Salmon. Juga ditemukan dalam biji rami, kacang kedelai, minyak canola, dan kenari.

Ahli gizi merekomendasikan satu porsi asam lemak omega-3 dua kali seminggu. Banyak Suplemen juga yang mengandung Omega-3 tetapi pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai mengkonsumsinya.

Makanan sehat untuk senior Makanan Kaya Kalsium

Kalsium membantu tubuh kita membangun dan memelihara tulang yang sehat. Ini juga dikenal dapat menurunkan tekanan darah. Kebutuhan tubuh akan kalsium sangat penting sehingga, jika Anda tidak mendapatkan cukup kalsium dan akan mulai menyerapnya langsung dari tulang. Ini membuat tulang Anda rapuh dan rapuh yang menyebabkan osteoporosis.

Makanan kaya kalsium terutama produk susu seperti susu, yogurt, dan keju, serta sayuran hijau dan sereal yang diperkaya dengan kalsium. Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan agar orang berusia di atas 50 tahun mengonsumsi 1.200 mg kalsium setiap hari. Ini berarti 4 cangkir jus jeruk, susu, kedelai, atau susu almond yang diperkaya.

Makanan sehat untuk senior Makanan Kaya Serat

Seiring bertambahnya usia, sistem pencernaan kita melambat. Sehingga dapat menyebabkan sembelit. Makanan kaya serat dapat menyerap air dan dapat melancarkan pencernaan. Makanan dengan kandungan nutrisi ini juga telah dikenal dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan dapat menjaga kadar gula darah agar tidak terlalu tinggi. Makanan kaya serat termasuk kacang-kacangan, sereal gandum, roti gandum dan pasta, beras merah, roti cokelat, buah-buahan, dan sayuran.

Makanan sehat untuk senior Kaya Zat Besi

Zat besi memainkan peran penting dalam tubuh. Ini menghasilkan hemoglobin yang membawa oksigen dalam darah dari paru-paru ke seluruh tubuh. Ketika Anda tidak mengonsumsi cukup zat besi, pasokan oksigen terbatas ke jaringan tubuh. Ini menghasilkan rasa lelah dan lesu. Kekurangan zat besi dikenal sebagai anemia. Untuk itu perlu untuk di perhatikan makanan yang sehat untuk senior mengandung zat besinya juga.

Makanan yang Kaya Vitamin C

Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dipercaya dapat mencegah kanker dan penyakit jantung. Vitamin ini juga terlibat dalam produksi kolagen, yang memberikan elastisitas kulit Anda dan menghilangkan sel-sel kulit mati memberi Anda kulit yang
sehat.

Vitamin C ini juga membantu memperbaiki tulang dan gigi serta membantu
penyembuhan luka. Vitamin esensial ini dapat ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Suplemen juga tersedia dengan persetujuan dari dokter Anda.
Vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam tubuh da dapat memperlambat laju hilangnya kalsium [ada tulang. Vitamin ini membantu dalam pemeliharaan kepadatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis.

Makanan yang mengandung banyak Vitamin D

Beberapa makanan dibentengi dengan itu seperti sereal, susu, yogurt, dan jus. Secara alami, vitamin D ditemukan dalam telur dan ikan tertentu (salmon dan tuna). Kekurangan vitamin D juga meningkatkan peluang Anda untuk jatuh.

Macam-macam makanan sehat untuk senior diatas adalah beberapa dari sekian banyak nutrisi lain yang penting bagi tubuh. Dalam pemilihan makanan untuk senior, kita harus memberikan perhatian ekstra agar tidak berdampak buruk bagi kesehatannya di kemudian hari.

Source image : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20161028235135-262-168803/pilihan-makanan-yang-tepat-saat-lembur

RUKUN Senior Living
Email: info@rukunseniorliving.com
Phone: 021 8795 1525

Facebook : RUKUN Senior Livng

Pilihan makanan sehat untuk Senior
1
SIlahkan Hubungi kami
Powered by