Berikut ini tips menghindari stress pada lansia :

8 Tips menghindari stress pada lansia

Berdasarkan http://www.depkes.go.id – Indonesia mengalami peningkatan jumlah penduduk lansia dari 18 juta jiwa (7,56%) pada tahun 2010, menjadi 25,9 juta jiwa (9,7%) pada tahun 2019, dan diperkirakan akan terus meningkat dimana tahun 2035 menjadi 48,2 juta jiwa (15,77%). Setiap orang pasti pernah mengalami stress, mungkin tingkat stressnya saja yang berbeda. Tidak terkecuali seorang lansia, cendrung lebih gampang untuk untuk terkena stress pada lansia. Stress dapat dikatakan normal apabila tidak mengganggu kehidupan seseorang.

Gejala stres yang biasanya timbul pada para lansia juga tak main-main dampaknya seperti stroke, jantung koroner, darah tinggi, ketakutan yang berlebihan, menangis, daya ingat yang menurun tajam, mudah dipengaruhi oleh orang lain, dan bahkan bisa menarik dirinya dari pergaulan.

Stress pada lansia perlu di tanggulangi dengan memperhatikan beberapa tips yang kami coba untuk sampaikan.

Tips menghindari stress pada lansia :

  1. Meditasi. Merupakan cara ampuh mengontrol stress dengan di dampingi oleh tenaga professional.Semisal anda tidak mempunyai cukup biaya lebih, ajaklah lansia ketempat yang sejuk dan tenang seperti di pegunungan, hal ini cukup ampuh dalam menyegarkan pikiran yang didampingi oleh udara yang segar dan tidak bising.
  2. Merupakan cara ampuh mengontrol stress dengan di dampingi oleh tenaga professional.Semisal anda tidak mempunyai cukup biaya lebih, ajaklah lansia ketempat yang sejuk dan tenang seperti di pegunungan, hal ini cukup ampuh dalam menyegarkan pikiran yang didampingi oleh udara yang segar dan tidak bising.
  3. Ajaklah Tertawa. Bagi kaum muda tertawa sudah kerap umum yang memberikan manfaat awet muda dan terhindar dari stress, hal ini berlaku pada usia tua
  4. Jalan Pagi Hari. Mungkin ini dianggap sebagai hal biasa bagi yang tidak mengetahuinya, kebanyakan penduduk di area pegunungan selalu memanfaatkan jalan pagi hari pada pukul 5.30 hingga 7.00 untuk menyegarkan pikiran.
  5. Hindarkan Diri Dari Masalah. 80% stress diakibatkan masalah yang tidak kunjung selesai, sesegera mungkin selesaikan pada usia muda hingga tua nanti anda memupuk masalah seperti hutang yang belum terbayarkan.Jika anda memiliki masalah sesegera mungkin mintalah bantuan kekerabat anda ataupun saudara anda.
  6. Hindarkan Diri dari Keletihan. Letih sangat memicu sekali amarah yang berujung pada stress, maka dari itulah dokter tidak menyarankan untuk bekerja keras.
  7. Hindarkan Teriakan-Teriakan Yang Berlebihan. Meski ini bukan penyebab paling umum, seseorang lansia juga menyebabkan jantung bedebar dan memicu sakit yang berujung pada amarah.
  8. Check up rutin. General check up dilakukan secara rutin terutama jika Anda memasuki usia 40 tahun ke atas. Periksa darah untuk mengetahui kadar Hemoglobin (Hb), leukosit, trombosit, kolesterol, lemak dan gliserol, gula darah dan melakukan pemeriksaan tekanan darah.Hal ini dilakukan karena timbulnya penyakit tidak muncul secara tiba-tiba. *

Beberapa tips tersebut di atas adalah beberapa hal yang dapat di lakukan untuk menghindari stress pada lansia. Namun, stress yang menyerang lansia bukan mustahil tidak bisa di hindari tetapi bergantung pada prilaku dan kebiasaan setiap orang. Bagi anda atau keluarga yang telah menginjak masa lansia, tips-tips di atas sangat di anjurkan supaya dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.

Berikut ini tips menghindari stress pada lansia :