Pengertian senior living

pemahaman senior living

Apa itu senior living? Dan kapan Anda membutuhkannya?

Kapan anda membutuhkan senior living? Mendengar kata senior living mungkin masih belum familiar untuk masyarakat Indonesia. Penjelasan singkat tentu disebut dengan panti jompo. Di Indonesia panti jompo biasanya secara umum dikelola oleh pemerintah dibawah naungan departemen sosial. Sedangkan senior living rata-rata dikelola oleh swasta dan memiliki kelas yang lebih tinggi.

Senior living adalah sarana hospitality khusus senior yang menyajikan sarana hunian yang terintegrasi dengan layanan wellness termasuk activity dan assisted living.

Biasanya memiliki bangunan yang lebih menyesuaikan untuk para senior ataupun lansia. Para lansia setiap harinya memiliki aktivitas yang sudah di persiapkan oleh team activity. Layanan wellness bertujuan untuk para senior atau lansia mendapatkan sebuah proses kualitas hidup yang lebih baik.

Baca juga : Tips hunian ramah lansia

Assisted Living merupakan perawatan terbatas yang dirancang dan di berikan kepada senior atau lansia yang membutuhkan bantuan dengan kegiatannya sehari-hari. RUKUN  telah menciptakan suatu kawasan bagi warga senior di mana segala pelayanan dan kebutuhan hidup sudah tersedia – baik senior yang memiliki gaya hidup mandiri dan dinamis, hingga yang memerlukan dukungan lebih.

Opsi pelayanan yang beragam tersedia untuk menyesuaikan kebutuhan warga. Dari pilihan untuk tetap tinggal di rumah sendiri/keluarga dan hanya ikut berkegiatan di RUKUN Senior Club (Klub lansia), atau pilihan untuk menetap.

Kapan Anda memerlukan senior living?

Seiring bertambahnya usia, serta menurunnya kemampuan fisik yang menurun, hal ini yang utama di rasakan oleh seorang senior atau lansia. Perawat lansia dibutuhkan untuk membatu menjaga orang tua anda mulai dari makan, minum, mandi, berpakaian dan beberapa kegiatan lainnya.

Memang tidak semua senior membutuhkan dukungan tersebut, karena masih banyak senior atau lansia yang masih sehat bugar. Namun, apabila seorang senior sudah membutuhkan perhatian khusus dan Anda juga tidak bisa stand by selama 24 jam, inilah saatnya anda berfikir mengenai senior living.

Jadi, kapan waktu yang tepat?

Waktu yang tepat ketika anda memiliki orang tua atau senior jika:

  • Senior sudah mememerlukan dukungn dan perhatian khusus, terutama sudah mulai mengalami demensia.
  • Senior mengalami beberapa penurunan fungsi fisik.
  • Senior mulai terlihat menyendiri atau sering merasa tidak di dengarkan oleh keluarga. Karena mulai pikun dan suka menceritakan hal yang sama berulang-ulang. Baca juga: 10 tanda stress pada keluarga penderita demensia.
  • Anggota keluarga yang sudah terlalu sibuk dan tidak memiliki waktu untuk memberikan perhatian selama 24 jam.

Jika anda sudah memiliki beberapa kriteria tersebut, mungkin sudah waktunya perawatan orang tua beralih ke senior living. Di Indonesia memiliki beberapa senior living. Salah satunya adalah RUKUN Yang merupakan pertama di Indonesia. RUKUN Berlokasi di kawasan sentul dan berada di area yang bebas dari asap polusi.

Kehidupan yang menyenangkan dan aktif adalah tujuan utama di RUKUN, dengan mengacu pada empat Dimensi Wellness.

Baca juga : 4 Dimensi Wellness RUKUN

Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat mengunjungi www.rukunseniorliving.com atau menghubungi 021 8795 1525.

RUKUN Senior Living
Kawasan Darmawan Park
Jl. Babakan Madang No. 99
Sentul Selatan – Bogor 16810
telp. 021 8795 1525
facebook : RUKUNSeniorliving
Instagram : @rukunseniorlivingindonesia

Pengertian senior living
Open chat